Perhitungan Biaya Jasa Arsitek

Perhitungan Biaya Jasa Arsitek

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara untuk menentukan biaya jasa arsitek. Yuk, kita simak sama-sama.

  1. Berdasarkan prosentasi biaya pembangunan

Dengan metode ini biasanya digunakan oleh rumah-rumah mewah dengan detail yang sangat rumit dan banyak perubahan yang di inginkan oleh owner. Metode ini akan memungkinkan arsitek mengakomodasi permintaan perubahan suatu desain di tengah jalan oleh owner, sebab biaya jasa arsitek dihitung berdasarkan total biaya konstruksi hingga pembangunan tersebut sudah serah terima.

  1. Berdasarkan ukuran bangunan

Dalam metode ini biaya suatu desain akan dipertimbangkan dari segi ukuran bangunan yang akan didesain, misalnya tariff arsitek 30 ribu/m2 dan luas bangunan yang ia desain 150 m2, maka biaya suatu desain untuk bangunan adalah 30 ribu dikalikan 150 jadi 4.5 juta. Demikian seterusnya.

  1. Berdasarkan biaya tetap

Dengan menggunakan biaya tetap yakni arsitek dapat menghitung secara detail secara keseluruhan biaya pembangunan yang akan digunakan, kemudian jumlah tersebut ditetapkan biaya jasanya.

  1. Bebas biaya desain

Kemungkinan sang arsitek akan membebaskan biaya desainnya, hal ini disebabkan arsitek juga merangkap sebagai kontraktor pembangunan, jadi arsitek tersebut tidak akan rugi menggratiskan biaya desainnya. Karena akan mendapatkannya dari biaya jasa pembangunan.

No Comments, Be The First!

Your email address will not be published.